THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Minggu, 02 November 2008

Tugas Foto

Bendungan sebagai alat irigasi utama bagi para petani di Ci Widey

Air merupakan sumber daya alam yang mutlak diperlukan bagi kehidupan. Oleh karena itu air merupakan unsur utama dalam setiap sistem lingkungan hidup. Secara alamiah, sumber-sumber air tersebut merupakan kekayaan alam yang dapat diperbaharui dan mempunyai daya regenerasi. Hal itu terjadi karena air akan selalu mengalir dalam suatu siklus yang disebut siklus air.
Sumber daya air tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, antara lain yaitu untuk mengairi areal persawahan dengan menggunakan sistem irigasi. Sistem irigasi dapat dilakukan dengan cara membendung aliran air sungai, yang kemudian dialirkan melalui saluran-saluran irigasi ke sawah-sawah.

BAB : Sumber daya alam
SUB BAB : Sumber daya alam dan pengelolaannya di Indonesia
Kelas : SMA kelas XI





Pertanian holtikultura adalah salah satu cara memanfaatkan sumberdaya tanah

Tanah merupakan sumber daya alam yang penting karena kehidupan di permukaan bumi tertumpuh pada tanah. Pengelolaan tanah dengan cara berpindah-pindah dapat mengakibatkan luas tanah yang rusak semakin bertambah, pohon-pohon menjadi berkurang dan apabila hujan menyebabkan terjadinya erosi.
Keadaan yang demikian mengakibatkan tanah menjadi gersang karena lapisan humus yang terletak di atas hanyut terbawa oleh air. Selain itu, air hujan tidak dapat teresap kedalam tanah sehingga mengurangi simpanan air dan dapat mebahayakan kehidupan.
Oleh karena itu, diperlukan upaya pengelolahan tanah yang baik dan benar, agar kesuburan serta produktivitas tanah dan air dapat terjamin. Tanah yang produktif, sangat memungkinkan terlaksananya usaha-usaha di bidang pertaniaan.

BAB : Lingkungan hidup
SUB BAB : Konservasi lingkungan hidup
Kelas : SMA kelas X





Ombak bergulung yang semakin memperindah sore di Pantai Kupuk

Seperti yang kita saksikan, air laut tidak pernah berhentibergerak. Gerakan air laut berkaitan dengan angin dan muka bumi. Akibat angin dan gempa bumi, air laut dapat bergerak naik dan turun. Besarnya gelombang laut bergantung pada penyebab gerakannya, misalnya angin lokal atau badai.
Selain menyuguhkan pesona alam yang indah, laut juga menyimpan potensi
Malapetaka yang dahsyat, yaitu gelombang tsunami. Tsunami pada umumnya terjadi karena disebakan adanya gempa di dasar laut. Dan paling sering terjadi di daerah pergeseran lempengtektonik, sehingga sering terjadi gempa bumi.


BAB : Morfologi laut dan pesisir
SUB BAB : Laut dan pesisir
Kelas : SMA kelas XI









Kepadatan penduduk yang semakin tinggi mengakibatkan meningkatnya kebutuhan lahan untuk permukiman


Kebutuhan permukiman semakin lama semakin bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah konflik antara memenuhi kebutuhan untuk permukiman ataukah tetap dipertahankan sebagai lahan pertanian?
Pembangunan permukiman pada suatu wilayah akan mengubah kondisi lingkungan pada wilayah tersebut, apalagi bila pembangunan tersebut tidak berdasarkan lingkungan, sudah dapat dipastikan akan menimbulkan banyak kerusakan dilingkungan itu dan secara otomatis merugikan manusia yang tinggal disana.
Pembangunan yang tidak sesuai dengan alam, banyak menimbulkan efek negatif, yaitu :
1. Dampak pada lingkungan perairan
2. Dampak terhadap kualitas air
3. Dampak terhadap komponen tanah
4. Dampak terhadap lingkungan biologi
5. Dampak terhadap lingkungan sosial budaya


BAB : Keruangan Desa dan Kota
SUB BAB : Konflik Pemanfaatan Lahan Permukiman
Kelas : SMA kelas XI
























0 komentar: